kecilkan semua  

Teks -- Yehezkiel 41:3-26 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
41:3 Lalu ia sampai ke ruang dalam. Ia mengukur tiang temboknya: tebalnya dua hasta, dan lebar pintu sendiri: enam hasta dan lebar dinding sampingnya tujuh hasta sebelah sini dan tujuh hasta sebelah sana. 41:4 Ia mengukur panjang ruang dalam itu: dua puluh hasta, dan lebarnya: dua puluh hasta sesuai dengan lebar ruang besar. Lalu ia berkata kepadaku: "Inilah tempat maha kudus." 41:5 Kemudian ia mengukur dinding Bait Suci itu: enam hasta tebalnya dan lebar kamar tambahan yang terdapat di sekeliling Bait Suci itu, empat hasta. 41:6 Kamar-kamar tambahan itu ada tiga tingkat dan pada satu tingkat terdapat tiga puluh kamar. Pada sekeliling dinding Bait Suci ada ceruk-ceruk untuk mengokohkan kamar-kamar tambahan itu, sebab kamar-kamar ini tidak digabungkan pada dinding Bait Suci. 41:7 Dan kamar-kamar tambahan semakin lebih besar dari tingkat pertama sampai tingkat ketiga selaras dengan bertambah besarnya ceruk-ceruk pada tiap tingkat sekeliling Bait Suci itu; ada tangga menuju ke atas dan dengan demikian orang dapat naik dari tingkat bawah ke tingkat atas melalui tingkat tengah. 41:8 Aku melihat bahwa alas Bait Suci itu lebih tinggi dari sekelilingnya. Dasar kamar-kamar tambahan itu berukuran satu tongkat penuh, yaitu tingginya enam hasta. 41:9 Tebal dinding yang sebelah luar kamar tambahan adalah lima hasta; lebar bagian alas Bait Suci yang dibiarkan kosong adalah lima hasta. Di antara alas bangunan itu dan 41:10 bilik-bilik ada jarak dua puluh hasta sekeliling bangunan itu. 41:11 Dan pintu-pintu kamar tambahan ke luar ke bagian yang kosong itu, satu pintu di sebelah utara dan satu pintu di sebelah selatan; dan lebar tempat yang kosong itu adalah lima hasta sekeliling. 41:12 Bangunan yang terdapat di lapangan tertutup yang di sebelah barat lebarnya tujuh puluh hasta, sedang dinding yang mengelilinginya tebalnya lima hasta dan panjangnya sembilan puluh hasta. 41:13 Lalu ia mengukur Bait Suci itu: seratus hasta panjangnya dan lapangan tertutup bersama bangunan dan dindingnya: seratus hasta juga; 41:14 begitu juga lebarnya muka Bait Suci bersama lapangan tertutup sebelah timur: seratus hasta. 41:15 Kemudian ia mengukur panjang bangunan yang terdapat di lapangan tertutup sebelah barat bersama serambi-serambinya di kedua belah: seratus hasta. Ruang besar, ruang dalam dan balai luar 41:16 ditutupi dengan papan dan sekeliling ketiga ruang itu ada jendela-jendela yang berbidai dan serambi-serambi. Di hadapan ambang itu seluruh Bait Suci ditutupi dengan papan, mulai dari lantai sampai ke jendela-jendelanya -- sedang jendela-jendela ini terlindung -- 41:17 sampai bagian atas pintu dan ruang dalam dan juga di luar. Dan di seluruh dinding bagian dalam dan bagian luar terukir 41:18 gambar-gambar kerub dan pohon-pohon korma, di antara dua kerub sebatang pohon korma, dan masing-masing kerub itu mempunyai dua muka. 41:19 Dari sebelah yang satu muka manusia dan dari sebelah yang lain muka singa yang menghadap ke pohon korma itu dan begitulah dibuat di seluruh Bait Suci. 41:20 Dari lantai sampai ke atas pintu terukir kerub-kerub dan pohon-pohon korma pada dinding. 41:21 Tiang-tiang pintu dari ruang besar adalah empat persegi. Dan di hadapan tempat maha kudus ada sesuatu yang kelihatan menyerupai 41:22 mezbah dari kayu, tingginya tiga hasta, panjangnya dua hasta dan lebarnya dua hasta; sudut-sudutnya serta alasnya dan dindingnya dari kayu. Ia berkata kepadaku: "Inilah meja yang ada di hadirat TUHAN." 41:23 Ruang besar mempunyai dua daun pintu dan tempat maha kudus 41:24 juga mempunyai dua daun pintu. Pada pintu-pintu itu ada dua daun pintu yang dapat berputar, dua daun pintu pada pintu yang satu dan dua daun pintu pada yang lain. 41:25 Pada pintu-pintu ini juga, yaitu pintu-pintu ruang besar, terukir kerub-kerub dan pohon-pohon korma, seperti pada dinding-dinding. Di muka balai Bait Suci itu, yaitu di luar, ada tangga kayu. 41:26 Pada kedua dinding samping dari balai itu ada jendela-jendela yang berbidai dan ukiran pohon-pohon korma.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Bilangan, Kitab | Yehezkiel | Rumah | Kerub | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yeh 40:1--44:26 - PENGLIHATAN-PENGLIHATAN ILAHI. Nas : Yeh 40:1-43:27 Penglihatan tentang Bait Suci dialami Yehezkiel pada tahun 573 SM, dua puluh lima tahun setelah pembuangan dirinya dimulai. Tu...

Nas : Yeh 40:1-43:27

Penglihatan tentang Bait Suci dialami Yehezkiel pada tahun 573 SM, dua puluh lima tahun setelah pembuangan dirinya dimulai. Tujuannya ialah memberi semangat kepada bangsa itu bahwa kemuliaan Allah akan dipulihkan sama sekali pada masa yang akan datang, sehingga menghasilkan pengurapan dan berkat yang akan bertahan selama-lamanya.

BIS: Yeh 41:3 - -- Sebuah terjemahan kuno: dan dinding dikedua sisinya tebalnya tiga setengah meter. Ibrani dan tebalnya tiga setengah meter.

Sebuah terjemahan kuno: dan dinding dikedua sisinya tebalnya tiga setengah meter. Ibrani dan tebalnya tiga setengah meter.

BIS: Yeh 41:22 - alasnya Beberapa terjemahan kuno: alasnya, Ibrani: panjangnya.

Beberapa terjemahan kuno: alasnya, Ibrani: panjangnya.

BIS: Yeh 41:26 - -- Ibrani mempunyai tiga kata tambahan yang tak jelas artinya.

Ibrani mempunyai tiga kata tambahan yang tak jelas artinya.

Jerusalem: Yeh 41:6 - Kamar-kamar tambahan Kamar-kamar semacam itu ada juga bait Allah yang didirikan raja Salomo, 1Ra 6:5-6. Tidak jelas bagaimana susunan kamar-kamar itu dan tidak jelas pula ...

Kamar-kamar semacam itu ada juga bait Allah yang didirikan raja Salomo, 1Ra 6:5-6. Tidak jelas bagaimana susunan kamar-kamar itu dan tidak jelas pula dipakai untuk apa. Sementara ahli berpendapat bahwa kamar-kamar itu ialah khazanah bait Allah. Oleh karena gaya bahasanya berbeda, maka Yeh 41:5-15 oleh sementara ahli dianggap sebuah sisipan. Namun ayat-ayat ini terasa pada tempatnya dalam penggambaran bait Allah. Maksud ayat ini dalam naskah Ibrani sangat tidak jelas. Terjemahannya dikira-kirakan saja.

Jerusalem: Yeh 41:7 - -- Ayat ini dalam Ibrani sangat kabur maksudnya, dan perlu diperbaiki. Namun maksud umum cukup jelas dan dengan baik terungkap dalam terjemahan Indonesia...

Ayat ini dalam Ibrani sangat kabur maksudnya, dan perlu diperbaiki. Namun maksud umum cukup jelas dan dengan baik terungkap dalam terjemahan Indonesia ini.

Jerusalem: Yeh 41:8 - enam hasta Pada akhir ayat dalam naskah Ibrani masih tertulis sebuah kata yang artinya tidak diketahui.

Pada akhir ayat dalam naskah Ibrani masih tertulis sebuah kata yang artinya tidak diketahui.

Jerusalem: Yeh 41:12 - Bangunan... Bangunan itu rupanya semacam ruang besar yang tidak beratap. Tidak jelas bangunan itu dipakai untuk apa. Dalam bait Allah yang didirikan Salomo bangun...

Bangunan itu rupanya semacam ruang besar yang tidak beratap. Tidak jelas bangunan itu dipakai untuk apa. Dalam bait Allah yang didirikan Salomo bangunan semacam itu tidak ada. Tetapi bdk 2Ra 23:11; 1Ta 26:18 (Parbar).

Jerusalem: Yeh 41:16 - sekeliling ketiga ruang itu Maksud naskah Ibrani tidak jelas dan terjemahannya tidak pasti

Maksud naskah Ibrani tidak jelas dan terjemahannya tidak pasti

Jerusalem: Yeh 41:16 - mulai dari lantai Dalam naskah Ibrani tertulis: dan lantai.

Dalam naskah Ibrani tertulis: dan lantai.

Jerusalem: Yeh 41:17 - bagian luar Dalam naskah Ibrani masih tertulis satu kata lagi yang artinya tidak diketahui.

Dalam naskah Ibrani masih tertulis satu kata lagi yang artinya tidak diketahui.

Jerusalem: Yeh 41:20 - pada dinding Maksud naskah Ibrani tidak jelas dan rupanya naskah Ibrani rusak. Secara harafiah dapat diterjemahkan: dan dinding ruang besar.

Maksud naskah Ibrani tidak jelas dan rupanya naskah Ibrani rusak. Secara harafiah dapat diterjemahkan: dan dinding ruang besar.

Jerusalem: Yeh 41:22 - dan lebarnya dua hasta Ini ditambah menurut terjemahan Yunani.

Ini ditambah menurut terjemahan Yunani.

Jerusalem: Yeh 41:23-26 - -- Dalam naskah Ibrani ayat-ayat ini kurang jelas dan terjemahannya tidak pasti.

Dalam naskah Ibrani ayat-ayat ini kurang jelas dan terjemahannya tidak pasti.

Ende: Yeh 40:1--48:35 - -- Pasal2 ini dengan pandjang lebar dan setjara terperintji menggambarkan dalam nubuat jang berupa penglihatan masa depan umat Jahwe. Masa depan itu dilu...

Pasal2 ini dengan pandjang lebar dan setjara terperintji menggambarkan dalam nubuat jang berupa penglihatan masa depan umat Jahwe. Masa depan itu dilukiskan sedjadjar dengan masa jang lampau, jakni: Jahwe hadir dalam baitullah dipusat umat, Jerusjalem, dan semua suku Israil sebagai kesatuan menetap dikeliling kediaman Allah itu dengan dikepalai oleh satu radja, wakil Jahwe, radja jang adil dan baik. Berkat anugerah Allah dari dalam BaitNja tanahnja luar biasa subur dan makmurnja.

Masa depan itu bukan sadja sedjadjar dengan masa jang lampau, jakni djaman Dawud dan Sulaiman, tapi djuga djauh melebihinja. Masa depan, keradjaan Allah, jang terachir, dilukiskan sedemikian itu, oleh karena, sebagai orang Israil dan imam Jeheskiel hampir tidak dapat memikirkannja setjara lain. Semuanja achirnja hanja ibarat sadja. Kenjataan sesungguhnja masih djauh mengatasi pengharapan nabi. Pasal2 ini terbagi atas tiga bagian, jakni: Baitullah jang baru (Yeh 40:1-43:12), ibadah jang baru (Yeh 43:13-46:24), pembagian negeri jang baru (Yeh 40:47-48).

Ende: Yeh 40:5--42:20 - -- Naskah hibrani dalam gambaran baitullah ini memakai istilah teknis jang sering sukar dimengerti. Malah orang2 Jahudi sudah lama tidak memahaminja deng...

Naskah hibrani dalam gambaran baitullah ini memakai istilah teknis jang sering sukar dimengerti. Malah orang2 Jahudi sudah lama tidak memahaminja dengan baik2.

Ende: Yeh 41:5-11 - -- Bagian ini sangat sukar untuk dimengerti. Terdjemahan sering dikirakan sadja.

Bagian ini sangat sukar untuk dimengerti. Terdjemahan sering dikirakan sadja.

Ende: Yeh 41:23-24 - -- Naskah hibrani amat sukar. Terdjemahan dikirakan sadja.

Naskah hibrani amat sukar. Terdjemahan dikirakan sadja.

Endetn: Yeh 41:6 - djumlahnja.... dst. diperbaiki menurut terdjemahan Syriah. Tertulis: "tigapuluh tiga tingkat".

diperbaiki menurut terdjemahan Syriah. Tertulis: "tigapuluh tiga tingkat".

Endetn: Yeh 41:7 - bertambah diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "mengelilingi". "dari.... ke jang tengah.... dst.", diperbaiki bersandarkan terdjemahan Junani dan Syriah. Naskah...

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "mengelilingi". "dari.... ke jang tengah.... dst.", diperbaiki bersandarkan terdjemahan Junani dan Syriah. Naskah Hibrani tidak dapat diartikan.

Endetn: Yeh 41:8 - alas diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere). Tertulis: "jang dialaskan".

diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere). Tertulis: "jang dialaskan".

Endetn: Yeh 41:9 - antara diperbaiki. Tertulis: "ditengah".

diperbaiki. Tertulis: "ditengah".

Endetn: Yeh 41:11 - Pintu2 diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani pakai mufrad.

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani pakai mufrad.

Endetn: Yeh 41:16 - dari diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "dan lantai".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "dan lantai".

Endetn: Yeh 41:21 - Didepan diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Muka".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Muka".

Endetn: Yeh 41:22 - Alasnja diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "pandjangnja".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "pandjangnja".

Endetn: Yeh 41:25 - berukirkan diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "ada".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "ada".

Ref. Silang FULL: Yeh 41:4 - ruang besar // maha kudus · ruang besar: 1Raj 6:20 · maha kudus: Kel 26:33; Kel 26:33; Ibr 9:3-8

· ruang besar: 1Raj 6:20

· maha kudus: Kel 26:33; [Lihat FULL. Kel 26:33]; Ibr 9:3-8

Ref. Silang FULL: Yeh 41:6 - tiga puluh // Bait Suci · tiga puluh: Yeh 40:17 · Bait Suci: 1Raj 6:5; 1Raj 6:5

· tiga puluh: Yeh 40:17

· Bait Suci: 1Raj 6:5; [Lihat FULL. 1Raj 6:5]

Ref. Silang FULL: Yeh 41:7 - ada tangga · ada tangga: 1Raj 6:8

· ada tangga: 1Raj 6:8

Ref. Silang FULL: Yeh 41:14 - seratus hasta · seratus hasta: Yeh 40:47

· seratus hasta: Yeh 40:47

Ref. Silang FULL: Yeh 41:15 - bersama serambi-serambinya · bersama serambi-serambinya: Yeh 42:3

· bersama serambi-serambinya: Yeh 42:3

Ref. Silang FULL: Yeh 41:16 - ada jendela-jendela // ini terlindung · ada jendela-jendela: 1Raj 6:4 · ini terlindung: Yeh 41:25-26; 1Raj 6:15; Yeh 42:3

· ada jendela-jendela: 1Raj 6:4

· ini terlindung: Yeh 41:25-26; 1Raj 6:15; Yeh 42:3

Ref. Silang FULL: Yeh 41:17 - luar terukir · luar terukir: 1Raj 6:18; 1Raj 6:18

· luar terukir: 1Raj 6:18; [Lihat FULL. 1Raj 6:18]

Ref. Silang FULL: Yeh 41:18 - gambar-gambar kerub // pohon korma // dua muka · gambar-gambar kerub: Kel 37:7; 2Taw 3:7; 2Taw 3:7 · pohon korma: 1Raj 6:29; 7:36 · dua muka: Yeh 10:21

· gambar-gambar kerub: Kel 37:7; 2Taw 3:7; [Lihat FULL. 2Taw 3:7]

· pohon korma: 1Raj 6:29; 7:36

· dua muka: Yeh 10:21

Ref. Silang FULL: Yeh 41:19 - Bait Suci · Bait Suci: Yeh 10:14; Yeh 10:14

· Bait Suci: Yeh 10:14; [Lihat FULL. Yeh 10:14]

Ref. Silang FULL: Yeh 41:21 - ruang besar · ruang besar: Yeh 41:1

· ruang besar: Yeh 41:1

Ref. Silang FULL: Yeh 41:22 - mezbah // Inilah meja · mezbah: Kel 30:1; Kel 30:1 · Inilah meja: Kel 25:23; Kel 25:23; Yeh 23:41; Yeh 23:41

· mezbah: Kel 30:1; [Lihat FULL. Kel 30:1]

· Inilah meja: Kel 25:23; [Lihat FULL. Kel 25:23]; Yeh 23:41; [Lihat FULL. Yeh 23:41]

Ref. Silang FULL: Yeh 41:23 - Ruang besar // daun pintu · Ruang besar: Yeh 41:1 · daun pintu: 1Raj 6:32

· Ruang besar: Yeh 41:1

· daun pintu: 1Raj 6:32

Ref. Silang FULL: Yeh 41:24 - dua daun · dua daun: 1Raj 6:34

· dua daun: 1Raj 6:34

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yeh 41:1-11 - Penglihatan tentang Bait Suci Sebuah penjelasan tentang balai Bait Suci diberikan dalam penutup pasal sebelumnya. Ini membawa kita kepada Bait Suci itu sendiri, yang gambaran...

Matthew Henry: Yeh 1:1-3 - Penglihatan Yehezkiel yang Pertama di Tepi Sungai Kebar Dalam pasal ini kita mendapati, I. Keadaan-keadaan biasa di seputar nubuat yang akan disampaikan, waktu disampaikannya (ay. 1), tempat ...

Matthew Henry: Yeh 41:12-26 - Penglihatan tentang Bait Suci Penglihatan tentang Bait Suci (41:12-26) Di sini ada, 1. Penjelasan tentang bangunan yang terdapat di lapangan tertutup (yaitu di hadapa...

SH: Yeh 40:38--41:4 - Bilik-bilik di pelataran dalam (Kamis, 22 November 2001) Bilik-bilik di pelataran dalam Tur keliling Bait Suci untuk sementara terhenti di pintu gerbang dalam sebelah utara. Di sini Yehezkiel melihat bilik...

SH: Yeh 41:1-12 - Di manakah Tuhan hadir? (Selasa, 22 September 2009) Di manakah Tuhan hadir? Kadangkala kita menghubungkan kehadiran Allah pada suatu tempat; Allah hadir di gereja, misalnya. Sekali pun telah kita ...

SH: Yeh 40:48--41:26 - Dekorasi dan Perabotan Bait Suci (Sabtu, 24 September 2016) Dekorasi dan Perabotan Bait Suci Ketiga pintu gerbang, di Timur, Utara, dan Selatan, terbuka ke dalam mengarah ke satu titik, yaitu mezbah. Bait Suci...

SH: Yeh 40:48--41:26 - Mazbah di Hadirat Tuhan (Minggu, 22 Oktober 2023) Mazbah di Hadirat Tuhan Mazbah memiliki peranan yang sangat besar dalam ibadah Israel. Mazbah berasal dari kata Ibrani "mizbeach" yang artinya menyem...

SH: Yeh 41:5-26 - Bangunan tambahan, dekorasi, dan perabotan Bait Suci (Jumat, 23 November 2001) Bangunan tambahan, dekorasi, dan perabotan Bait Suci Di sekeliling Bait Suci ada kamar-kamar tambahan, yang bertingkat tiga (ayat 5-11). Di ujung ba...

SH: Yeh 41:13-26 - Menghampiri Allah (Rabu, 23 September 2009) Menghampiri Allah Penglihatan Yehezkiel kini sampai pada bagian utama dari Bait Suci, yakni ruang balai, ruang kudus, dan ruang mahakudus. Inila...

TFTWMS: Yeh 41:1-4 - Yehezkiel 41:1-4 Yehezkiel 41:1-4 Kemudian dibawanya aku ke dalam ruang besar Bait Suci dan ia mengukur tiang temboknya: yang sebelah sini enam hasta tebalnya dan ya...

TFTWMS: Yeh 41:5-12 - Yehezkiel 41:5-12 Yehezkiel 41:5-12 Kemudian ia mengukur dinding Bait Suci itu: enam hasta tebalnya dan lebar kamar tambahan yang terdapat di sekeliling Bait Suci itu...

TFTWMS: Yeh 41:13-15 - Yehezkiel 41:13-15 Yehezkiel 41:13-15 Lalu ia mengukur Bait Suci itu: seratus hasta panjangnya dan lapangan tertutup bersama bangunan dan dindingnya: seratus hasta jug...

TFTWMS: Yeh 41:16-26 - Yehezkiel 41:16-26 Yehezkiel 41:16-26 Ditutupi dengan papan dan sekeliling ketiga ruang itu ada jendela-jendela yang berbidai dan serambi-serambi. Di hadapan ambang it...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yehezkiel Tema : Hukuman dan Kemuliaan Allah Tanggal Penulisan: 590-570 SM Latar Belakang Latar belakang sejarah Kit...

Full Life: Yehezkiel (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan dan Penugasan Yehezkiel (Yeh 1:1-3:27) A. Penglihatan Tentang Kemuliaan Allah ...

Jerusalem: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) YEHEZKIEL Berbeda dengan kitab Yeremia, kitab Yehezkiel tampaknya sebuah kitab yang tersusun rapih. Sesudah pendahuluan, Yeh 1-3, yang berisikan kisah...

Ende: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) JEHESKIEL PENDAHULUAN Diantara para tokoh kenabian di Israil Jeheskiel (artinja: Allah menguatkan, ataupun: Semoga Allah mengguatkan, jakni anak ini) ...

Ende: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) MENYEMBAH ALLAH YANG AGUNG(Yehezkiel 41) Semakin dekat seseorang datang kepada Allah, semakin besar ia menghargai sifat mulia Allah. Pintu dapat berf...

TFTWMS: Yehezkiel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Josephus Antiquities 8.3.2. 2 Merrill F. Unger, Great Neglected Bible Prophecies (Chicago: Scripture Press, 1955), 78. Pengara...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Tinjauan Terhadap Yehezkiel 40-48 Isinya Sembilan pasal terakhir Yehezkiel adalah suatu unit yang menggambarkan penglihatan tentang bait suci baru ...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Garis Besar Yehezkiel 40-48 I. Bait Suci Baru (40:1-43:27) A. Pelataran Luar (40:1-27) 1. Manusia Dengan Tongkat Pengukur (40:1-4) ...

BIS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) YEHEZKIEL PENGANTAR Nabi Yehezkiel tinggal dalam pembuangan di Babel, baik sebelum, maupun sesudah jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

YEHEZKIEL

PENGANTAR

Nabi Yehezkiel tinggal dalam pembuangan di Babel, baik sebelum, maupun sesudah jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi. Pesannya ditujukan kepada orang-orang yang dibuang di Babel dan mereka yang tinggal di Yerusalem. Buku Yehezkiel dibagi dalam empat bagian yang penting yaitu:

  1. (1) Peringatan kepada umat Israel bahwa Allah akan menghakimi mereka dan bahwa Yerusalem akan jatuh dan hancur.
  2. (2) Pesan dari TUHAN bahwa Ia akan menghakimi bangsa-bangsa yang menindas dan menyesatkan umat-Nya.
  3. (3) Penghiburan bagi Israel setelah jatuhnya Yerusalem, dan janji tentang masa depan yang cerah.
  4. (4) Gambaran Yehezkiel tentang Rumah TUHAN dan bangsa yang diperbaharui.

Yehezkiel adalah orang yang teguh imannya dan hebat daya khayalnya. Sebagian besar dari pesannya didapatnya melalui penglihatan-penglihatan, dan dinyatakannya dengan perbuatan yang merupakan lambang yang jelas bagi bangsa Israel. Yehezkiel menekankan perlunya pembaharuan hati dan jiwa, serta tanggung jawab setiap orang atas dosa-dosanya sendiri. Ia juga menyatakan harapannya akan pembaharuan hidup bagi bangsa Israel. Sebagai imam dan juga selaku nabi, Yehezkiel memberi perhatian khusus kepada Rumah TUHAN dan pentingnya hidup menurut kehendak TUHAN.

Isi

  1.  Yehezkiel dipanggil menjadi nabi
    Yeh 1:1-3:27
  2.  Pesan-pesan tentang hukuman bagi Yerusalem
    Yeh 4:1-24:27
  3.  Penghakiman Allah terhadap bangsa-bangsa
    Yeh 25:1-32:32
  4.  Janji Allah kepada umat-Nya
    Yeh 33:1-37:28
  5.  Pesan tentang hukuman bagi Gog
    Yeh 38:1-39:29
  6.  Penglihatan tentang Rumah TUHAN dan tanah Israel di kemudian hari
    Yeh 40:1-48:35

Ajaran: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Yehezkiel, anggota jemaat dapat mengerti dan yakin bahwa Allah yang memilih bangsa Israel sebagai umat pilih

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Yehezkiel, anggota jemaat dapat mengerti dan yakin bahwa Allah yang memilih bangsa Israel sebagai umat pilihan-Nya, adalah Allah yang dikenal dalam Tuhan Yesus Kristus, yaitu Allah Yang Mahakuasa dan yang mempunyai rencana yang indah dalam kehidupan seseorang.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yehezkiel.

Isi Kitab: Kitab Yehezkiel terdiri dari 48 pasal. Isi Kitab ini merupakan pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan bangsa- bangsa lain.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yehezkiel

  1. Pasal 1-3 (Yeh 1:1-3:27).

    Allah memanggil Yehezkiel menjadi hambanya

    1. Allah memperlihatkan kemuliaan-Nya kepada Yehezkie (pasal 1; Yeh 1-28).
    2. Allah memberikan tugas kepada Yehezkiel dalam melayani-Ny (pasal 2-3; Yeh 2:1-3:27).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 2:1-7. Apakah tugas Yehezkiel? Dan orang-orang macam apakah yang ia layani?

  2. Pasal 4-24 (Yeh 4:1-24:27).

    Pemberitaan tentang penghukuman yang akan dialami oleh bangsa Israel

    1. Perumpamaan-perumpamaan tentang penghukuman yang aka dialami bangsa Israel (pasal 3-7; Yeh 3:1-7:27).
    2. Pemberitaan tentang penglihatan Yehezkiel atas dos bangsa Israel (pasal 8-11; Yeh 8:1-11:25).
    3. Pemberitaan tentang penghakiman yang akan dialami bangs Israel (pasal 12-19; Yeh 12:1-19:14).
    4. Gambaran tentang dosa-dosa daripada bangsa Israe (pasal 20-24; Yeh 20:1-24:27).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 24:1-11. Apakah sebabnya penghukuman akan dialami oleh orang-orang Israel?

  3. Pasal 25-32 (Yeh 25:1-32:32).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa-bangsa

    Pendalaman

    Sebab-sebab bangsa-bangsa lain dihukum: Amon Yeh 25:1-3. Moab Yeh 25:8. Edom Yeh 25:12. Filistin Yeh 25:15. Tirus Yeh 26:1-2. Sidon Yeh 28:20-22. Mesir dan Firaun Yeh 29:1-3.

  4. Pasal 33-39 (Yeh 33:1-39:29).

    Pemberitaan akan pembaharuan yang akan diterima bangsa Israel setelah penghakiman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 36:1-10. Apakah pendapat saudara tentang ayat 9 (Yeh 36:9)?

  5. Pasal 40-48 (Yeh 40:1-48:35).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan dari zaman baru

    1. Pemberitahuan tentang ukuran dari pada Bait Alla (pasal 40-42; Yeh 40:1-42:20).
    2. Petunjuk-petunjuk dalam ibada (pasal 43-46; Yeh 43:1-46:24).
    3. Pemberitahuan tentang keadaan dan pembagian tana (pasal 47-48; Yeh 47:1-48:35).

    Pendalaman

    Bacalah pasal 48:35; Yeh 48:35. Siapakah yang akan memerintah secara langsung dalam zaman baru itu?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Panggilan atas Yehezkiel untuk menjadi pemberita Firman Allah, mengajarkan bahwa Allah juga memanggil setiap orang percaya untuk bersaksi tentang Kristus.

  2. Tuntutan Allah terhadap tanggung jawab Yehezkiel dalam pemberitaannya, mengajarkan juga bahwa Allah menuntut pertanggungjawaban setiap orang Kristen dalam hal memberitakan Injil.

  3. Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain telah digenapi, membuktikan bahwa apa yang dikatakan oleh Firman Allah itu benar.

  4. Apabila kehidupan di dalam zaman yang baru penuh dengan persekutuan, maka sudah selayaknyalah setiap orang percaya untuk memulai hidup dengan penuh persekutuan di dunia ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Yehezkiel?
  2. Apakah isi Kitab Yehezkiel?
  3. Untuk apakah Yehezkiel dipanggil Allah?
  4. Pelajaran apakah yang saudara terima setelah mempelajar Kitab Yehezkiel?

Intisari: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Laporan seorang penjaga LATAR BELAKANGDalam tahun 597 SM raja Babel, Nebukadnezar mengangkut raja Yoyakim ke Babel bersama dengan sepuluh ribu pendud

Laporan seorang penjaga

LATAR BELAKANG
Dalam tahun 597 SM raja Babel, Nebukadnezar mengangkut raja Yoyakim ke Babel bersama dengan sepuluh ribu penduduk utama bangsa Israel. Pemerintahan boneka yang ditinggalkannya di Yerusalem memberontak, dan dalam tahun 587 SM Nebukadnezar menghancurkan seluruh kota dan mengangkut lebih banyak penduduk ke pembuangan.

PENULIS
Diperkirakan bahwa kitab Yehezkiel disusun oleh beberapa pengarang atau ditulis lama sesudah pengarangnya meninggal, tetapi pemakaian kata ganti orang pertama, waktu yang tepat, data pribadi yang diberikan secara rinci, dan gaya penulisan yang sama dalam keseluruhan kitab merupakan indikasi kuat bahwa Yehezkiel sendiri yang memastikan bahwa semua nubuatannya ditulis dan menjelang akhir hidupnya ia menyusunnya dengan cermaat ke dalam bentuk buku. Yehezkiel dibesarkan di Yehuda dan boleh jadi pada masa remajanya ia dipengaruhi oleh pembaruan raja Yosia dan nubuatan Yeremia. Dia seorang imam yang dibuang ke Babel pada tahun 597 SM, kemungkinan bersama-sama dengan raja Yoyakim, dan tulisannya sangat dipengaruhi oleh latar belakang keimamannya. Dalam pembuangan ia bermukim di Tel-Abib di tepi sungai Kedar. Lima tahun kemudian, pada waktu ia berumur tiga puluh tahun, ia mendapat penglihatan dari Tuhan dan dipanggil menjadi nabi. Dia mungkin saja mempunyai kedudukan penting (Yeh 8:1; 14:1), walaupun kebanyakan orang menolak peringatannya (Yeh 3:25), atau tidak menganggapnya denganserius (Yeh 33:30-32).

ISI KITAB
Dalam kitab Yehezkiel, kita dapat membaca kisah kehidupan nabi itu dan nubuat-nubuatnya yang mencakup kurun waktu mulai dari tahun 597 sampai 570 SM. Kitab Yehezkiel terbagi dalam empat bagian penting. Pasal Yeh 1-24 khususnya berisi nubuatan yang diberikan sebelum tahun 587 SM pada waktu Yehezkiel memperhadapkan umat dengan dosa mereka, serta menunjukkan bahwa kejatuhan Yerusalem tidak dapat dihindari dan merupakan dosa yang sepatutnya mereka terima. Pasal Yeh 25:1-32:32 merupakan nubuatan tentang penghakiman terhadap bangsa- bangsa yang ada di sekeliling Yerusalem. Pasal Yeh 33:1-39:29 ditulis setelah kejatuhan Yerusalem dan Yehezkiel mendorong orang-orang buangan untuk bertobat dari dosa-dosa lama mereka, dan menjadi anggota masyarakat baru yang menyerahkan diri untuk melayani Tuhan. Bagian akhir berisi harapan tentang kembalinya bangsa Israel dari pembuatan sampai padda akhir zaman, dan berisi penglihatan Yehezkiel tentang Yerusalem baru. Kita akan lebih banyak belajar dari kitab Yehezkiel jika kita melihatnya sebagai pesan kepada suatu bangsa yang istimewa, yang sungguh-sungguh memerlukan pertolongan dalam suatu keadaan yang nyata.

Pesan

1. Sifat Allah
Rakyat yang berada dalam pembuangan mungkin saja tergoda untuk meragukan kuasa Tuhan. Yehezkiel sangat ingin memberitakan kebesaran Tuhan dalam situasi yang jelas sangat tidak menguntungkan sekalipun.
o Allah itu penuh kemuliaan dan mengagumkan. Yeh 1:25-28; 3:23
o Allah itu kudus. Yeh 5:11; 36:23
o Allah berkuasa di mana-mana. Yeh 3:12-27; 5:5
o Allah berkuasa atas segala bangsa. Yeh 25:1-32:32
o Allah itu adil. Yeh 18:25; 33:20
o Allah memimpin dan menunjukkan jalan bagi umat-Nya. Yeh 2:2; 11:1,5
o Allah bertindak agar umat-Nya mengenal Dia. Yeh 6:7, 14; 20:38
o Allah memelihara umat-Nya seperti seorang gembala yang baik. Yeh 34:11-16
o Allah memberikan hidup baru. Yeh 36:25-32

2. Bahaya dosa
Pesan Yehezkiel mengenai kematian dan hukuman kelihatannya keras dan tidak berperasaan apabila kita berpikir tentang rakyat yang sedang menderita di pembuangan, tetapi hal itu penting untuk membuat mereka mengerti bahwa pembuangan itu merupakan hukuman. Dengan maksud untuk mempermalukan mereka sampai mereka bertobat, Yehezkiel menganggap mereka busuk sampai ke akar-akarnya.
o Mereka telah mempermalukan nama Allah. Yeh 20:9; 36:20
o Mereka telah mencemarkan rumah Allah. Yeh 5:11; 23:38
o Mereka pemuja berhala. Yeh 20:7,18; 22:4
o Mereka mengambil bagian dalam upacara mengurbankan anak-anak. Yeh 20:26,31
o Mereka mengabaikan hukum. Yeh 44:6-8
o Mereka menekan orang miskin. Yeh 22:7,12

3. Pentingnya penghakiman
Oleh karena Allah itu adil, maka Israel harus dihukum. Hanya karena kesabaran Tuhan yang besar saja Dia masih dapat mentoleransi bangsa yang sudah bobrok itu sekian lamanya, tetapi Yehezkiel membawa pesan bahwa kesabaran Tuhan terhadap bangsa Israel akhirnya habis juga.
o Penghakiman tidak dapat dihapuskan. Yeh 12:22,27
o Penghakiman tidak dapat dihindari. Yeh 7:4-27; 22:14
o Penghakiman tidak datang "nanti", tetapi "sekarang". Yeh 9:10; 24:14

4. Janji kehidupan baru
Tuhan masih rindu untuk menyelamatkan bangsa Israel. Penghakiman dan pembuangan berarti bahwa dosa mereka dihukum dan sekarang akan ada berita pengampunan. Semua orang ditantang untuk bertobat dan dengan iman bergabung ke dalam komunitas umat Tuhan yang:
o Terbentuk dari orang-orang yang hatinya telah diubahkan oleh Tuhan. Yeh 36:25-27
o Diberi hidup oleh Roh Allah. Yeh 37:5
o Tidak terpecah-belah. Yeh 37:15-17
o Mempunyai perjanjian kekal dengan Allah. Yeh 14:11; 37:23
o Dipimpin oleh Raja Mesias keturunan Daud. Yeh 37:24-28
o Membawa hidup baru kepada dunia. Yeh 47:1-12

Penerapan

Yehezkiel banyak berbicara mengenai kegagalan para penguasa Israel untuk bertindak sebagai wakil Tuhan, dan bangsa Israel gagal untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah. Namun demikian, ia juga menunjukkan cara bagaimana menjalani kehidupan.

1. Ciri-ciri manusia yang sudah diperbarui
o Dia dipimpin oleh Tuhan
o Hatinya ditujukan kepada Tuhan
o Tujuan hidupnya untuk memuliakan Tuhan
o Dia dengan penuh sukacita menerima kehendak Tuhan
o Dia dikenal oleh kesucian hatinya dan ketaatannya kepada Tuhan
o Dia hidup dengan perasaan aman, karena tahu Tuhan memeliharanya
o Dia menunjukkan keprihatinannya terhadap sesama

2. Ciri-ciri seorang pemimpin yang baik
o Dia taat kepada Tuhan dalam segala hal
o Dia berpaling kepada Tuhan untuk memperoleh kekuatan
o Dia tekun menjalankan tugasnya
o Dia mengerti orang yang dipimpinnya
o Dia mengambil keputusan berdasarkan keadilan
o Dia tidak takut untuk berbicara

Tema-tema Kunci

1. Kebesaran Allah
Bangsa Israel berpikir bahwa kebesaran Israel adalah sama dengan kebesaran Allah, sehingga Allah tidak akan membiarkan Israel dihancurkan. Pendapat ini salah; Israel sendiri telah mencemarkan nama Allah. Demi untuk kemuliaan-Nya sendiri Allah bertindak, pertama-tama menghukum dan kemudian menyelamatkan. Bacalah Yeh 20:40-44; 28:25,26; 36:16-23; 38:17-23; 39:7,8,25-29. Dengan cara bagaimana orang Kristen dewasa ini mencemarkan nama Allah?

2. Allah memelihara
Allah terus memelihara bangsa Israel, bahkan pada waktu Dia harus menghukum mereka sekalipun. Bacalah: Yeh 11:17; 16:60-63; 28:24-26; 34:11-31; 37:25-27. Bandingkan gambaran Allah sebagai gembala Israel yang terdapat pada pasal Yeh 34, dengan pengajaran mengenai Gembala Agung dalam Yohanes 10:7-18.

3. Tanggung jawab
Setiap orang harus mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di hadapan Allah. Bukan keluarga atau keadaan yang akhirnya harus dipersalahkan tentang apa yang terjadi pada seseorang. Ia sendiri yang harus memilih untuk melayani Allah dan terus melayani atau tidak. Baca Yeh 18:1-32; 33:7-20.

4. Penjaga
Yehezkiel menerima panggilan sebagai seorang penjaga atau "pengawas" dengan penuh kesungguhan dan ia memperingatkan bangsanya bahwa penghakiman Allah sudah dekat, dan memberikan kepada mereka kesempatan untuk berbalik serta menerima jalan keselamatan yang Allah sediakan. Carilah ayat-ayat: Yeh 3:12-21; 33:1-9. Dari ayat-ayat di atas dan ayat-ayat lainnya, buatlah daftar mengenai tanggung jawab yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya di dunia.

Garis Besar Intisari: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) [1] PANGGILAN YEHEZKIEL Yeh 1:1-3:27 Yeh 1:1-3Waktu terjadinya Yeh 1:4-24Penglihatan mengenai makhluk hidup Yeh 1:25-28Kemuliaan Tuhan Yeh 2:1-3

[1] PANGGILAN YEHEZKIEL Yeh 1:1-3:27

Yeh 1:1-3Waktu terjadinya
Yeh 1:4-24Penglihatan mengenai makhluk hidup
Yeh 1:25-28Kemuliaan Tuhan
Yeh 2:1-3:15Yehezkiel menerima pengutusan
Yeh 3:16-27Ia harus memberi peringatan kepada bangsa Israel

[2] NUBUATAN MENGENAI PENGHAKIMAN ATAS YERUSALEM Yeh 4:1-12:28

Yeh 4:1-5:17Gambaran mengenai pengepungan terhadap Yerusalem
Yeh 6:1-14Nubuatan tentang gunung-gunung Israel
Yeh 7:1-27Kehancuran telah tiba
Yeh 8:1-9:11Pemujaan berhala di Rumah Allah
Yeh 10:1-22Hukuman terhadap pemimpin-pemimpin Israel
Yeh 11:16-25Bangsa Israel yang sudah diperbarui akan kembali
Yeh 12:1-28Gambaran mengenai pembuangan

[3] DOSA-DOSA ISRAEL DAN YERUSALEM Yeh 13:1-24:27

Yeh 13:1-23Nabi-nabi palsu akan dihukum
Yeh 14:1-11Pemuja berhala akan dihukum
Yeh 14:12-23Penghakiman tidak dapat dihindarkan
Yeh 15:1-8Yerusalem seperti kebun anggur yang tak berguna
Yeh 16:1-63Yerusalem sebagai pelacur
Yeh 17:1-24Perumpamaan tentang dua ekor elang dan kebun anggur
Yeh 18:1-32Tanggung jawab pribadi terhadap dosa
Yeh 19:1-14Ratapan untuk dua pangeran Israel
Yeh 20:1-29Masa lalu Israel yang penuh pemberontakan
Yeh 20:30-44Penghakiman dan pemulihan Tuhan
Yeh 20:45-21:32Penghakiman dengan api dan pedang
Yeh 22:1-31Yerusalem sudah berdosa besar
Yeh 23:1-49Israel dan Yehuda merupakan dua kakak beradik yang berdosa
Yeh 24:1-14Yerusalem bagaikan periuk berkarat
Yeh 24:15-27Istri Yehezkiel meninggal

[4] NUBUATAN TENTANG HUKUMAN BAGI BANGSA-BANGSA Yeh 25:1-32:32

Yeh 25:1-7Terhadap Amon
Yeh 25:8-11Terhadap Moab
Yeh 25:12-14Terhadap Edom
Yeh 25:15-17Terhadap bangsa Filistin
Yeh 26:1-28:19Terhadap Tirus
Yeh 28:20-26Terhadap Sidon
Yeh 29:1-32:32Terhadap Mesir

[5] NUBUATAN TENTANG HARI DEPAN Yeh 33:1-39:29

Yeh 33:1-20Yehezkiel, si penjaga
Yeh 33:21-33Penjelasan tentang jatuhnya Yerusalem
Yeh 34:1-31Gembala yang baik menggantikan gembala yang buruk
Yeh 35:1-15Pengkhianatan Edom akan dibalas
Yeh 36:1-14Hidup baru bagi tulang-tulang yang kering
Yeh 37:15-28Bangsa yang dibangkitkan dengan raja yang baru
Yeh 38:1-39:20Nubuatan tentang Gog
Yeh 39:21-29Rencana Tuhan untuk bangsa Israel

[6] GAMBARAN MENGENAI YERUSALEM BARU Yeh 40:1-48:35

Yeh 40:1-42:20Rumah Tuhan yang baru
Yeh 43:1-12Kemuliaan Tuhan kembali ke rumah-Nya
Yeh 43:13-46:24Pengaturan ibadah
Yeh 47:1-12Sungai yang memberi hidup
Yeh 47:13-48:35Pembagian tanah di antara suku-suku
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #09: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab dan catatan hanya seukuran layar atau memanjang. [SEMUA]
dibuat dalam 0.91 detik
dipersembahkan oleh YLSA